Langsung ke konten utama

Penelitian Taman Heulang

Sejarah Taman Heulang
Akhir – akhir ini, Bogor dimanjakan dengan berbagai taman baru di perkotaannya. Hal tersebut dilakukan sesuai dengan program menjadikan Kota Bogor sebagai kota sejuta taman. Saat ini sudah ada 199 taman di Kota Bogor, 10 di antaranya merupakan hasil revitalisasi dan pembaharuan. Salah satu taman yang baru dibangun adalah Taman Heulang.
Dulu sebelum Taman Heulang dibangun, tempat tersebut merupakan lapangan heulang. Lapangan tersebut biasa digunakan oleh warga sekitar untuk bermain bola. Berikut adalah foto yang diambil oleh google satellite pada Juli 2015, dapat dilihat bahwa tempat tersebut masih berupa lapangan dan belum ada perubahan sebagai taman.

Pembangunan Taman Heulang ini dimulai dari 1 September 2016 dan hingga akhirnya diresmikan akhir Desember 2016. Taman Heulang sendiri memiliki luas sekitar 28.000 meter persegi yang merupakan taman terbesar di Kota Bogor. Pembangunannya sendiri membutuhkan anggaran sekitar Rp 4,3 Miliar. Akhirnya taman ini berubah dari lapangan sepak bola menjadi taman kota yang indah.


Taman Heulang

Taman Heulang berada di Jl. Heulang yang menghubungkan antara Jl. Dadali dan Jl. Ahmad Yani. Untuk lebih jelasnya, taman ini berada di sebelah SMK Negeri 1 Bogor dan juga tepat berada di belakang SMP Negeri 5 Bogor.

Fasilitas Taman dan Kondisinya
          Kriteria taman kota yang baik salah satunya adalah memiliki fasilitas serta elemen seperti vegetasi termasuk pohon peneduh, pedestrian, tempat duduk, arena bermain, jogging track, penerangan yang cukup, tempat sampah, jalur sepeda, tempat parkir, pos keamanan, toilet, fasilitas kaum disable, anak-anak, serta orang lanjut usia yang memadai. Demi mewujudkan taman kota yang memenuhi kriteria, Taman Heulang tentu saja memiliki atau menyediakan berbagai fasilitas diantaranya adalah sebagai berikut.
1.  Tempat berteduh
Tidak menjadi masalah bagi pengunjung yang datang beramai-ramai jika ingin mencari tempat berteduh, karena di taman heulang sudah disediakan gazebo yang dapat memuat banyak orang. Jika membawa bekal dari rumah, para pengunjung dapat menikmati bekalnya tersebut sambal berteduh di gazebo.



2.  Pedestrian dan jalur sepeda
Taman heulang pun memiliki fasilitas berupa pedestrian dan jalur sepeda. Sayangnya pedestrian dan jalur sepeda di taman heulang dipenuhi oleh sampah akibat banyaknya pedagang makanan disekitar taman. Selain itu juga pedestrian dan jalur sepeda menjadi satu jalur sehingga terkesan terlalu sempit.

3.  Tempat duduk
Tempat duduk merupakan bagian terpenting dari sebuah taman. Tempat duduk yang terdapat di Taman Heulang memiliki berbagai macam jenis yaitu bangku single, bangku grup, dan bangku besar.


4.  Jogging track
Jika anda datang pagi hari ke Taman Heulang, anda akan melihat beberapa orang sedang jogging di taman ini. Hal ini sungguh maklum karena taman heulang salah satu tempat yang nyaman untuk dijadikan track jogging.

5.  Pengintai CCTV
Penggunaan CCTV di taman heulang bertujuan agar tidak ada masyarakat yang memiliki niat buruk saat berada di taman heulang. Juga bertujuan agar masyarakat menjaga norma asusila.

6.  Air mancur
Pengadaan air mancur bertujuan untuk menambah keindahan pada taman.
Air mancur tersebut menjadi sarana sebagai tempat hidup ikan, diantaranya adalah ikan mas koki. Namun, kolam air mancur tersebut terkesan kotor.


7.  Toilet
Tentunya toilet dibutuhkan ditempat umum. Toilet menjadi fasilitas umum yang paling penting yang terdapat pada taman. Toilet yang terdapat pada taman heulang pun terjaga kebersihannya.

8.  Rumah jaga
Rumah jaga berguna untuk menjaga ketertiban di taman heulang. Tempat tersebut menjadi tempat untuk memantau keamanan taman heulang. Rumah jaga tersebut berada pada samping toilet umum.
9.  Panggung
Luar biasanya taman heulang adalah di taman ini terdapat panggung. Panggung ini digunakan jika ada event-event tertentu.
   10. Musolla
Musolla juga tersedia di taman heulang. Bagi masyarakat yang beragama muslim dapat berjalan-jalan ditaman heulang tanpa meninggalkan ibadah solat lima waktunya.

Berdasarkan fasilitas-fasilitas yang sudah disebut diatas, diketahui bahwa taman heulang termasuk kriteria taman yang baik. Selain fasilitas fasilitas tersebut, taman heulang merupakan salah satu paru-paru kota bogor. Taman Heulang memiliki banyak sekali pohon dan tanaman, bahkan terdapat hydropolik yang dipelihara di Taman Heulang.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kode Etik Teknik Industri

Etika  (Etimologi), berasal dari bahasa Yunani adalah “Ethos”, yang berarti watak kesusilaan atau adat kebiasaan ( custom ). Etika biasanya berkaitan erat dengan perkataan moral yang merupakan istilah dari bahasa Latin, yaitu “Mos” dan dalam bentuk jamaknya “Mores”, yang berarti juga adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik (kesusilaan), dan menghindari hal-hal tindakan yang buruk. Etika dan moral dalam kegiatan sehari-hari terdapat perbedaan, yaitu moral atau moralitas untuk penilaian perbuatan yang dilakukan, sedangkan etika adalah untuk pengkajian sistem nilai-nilai yang berlaku. Pengertian Etika Profesi Etika didefinisikan sebagai “the discpline which can act as the performance index or reference for our control system”. Dengan demikian, etika akan memberikan semacam batasan maupun standar yang akan mengatur pergaulanmanusia di dalam kelompok sosialnya. Dengan demikian etika adalah refleksi dari apa yang disebut dengan “self control”,

Review Jurnal Teknik Industri

REVIEW JURNAL Judul                : Effect of Ergonomic Hazards on Job Performance of Auditors in Nigeria (Bahaya Ergonomis pada Performansi Kerja Para Auditor   di Nigeria) Jurnal               : American Journal of Industrial and Business Management Vol                   : Vol. 6 No. 12 Halaman           : 33-34 Tahun               : 2016 Penulis             : Omoneye O. Olasanmi, Department of Management and                             Accounting, Obafemi Awolowo University Reviewer          : Reza Hidayat Alfan Tanggal            : 8 Januari 2016 1.    Latar Belakang      Pada masa sekarang ini segala jenis pekerjaan sangat terbantu dengan adanya bantuan teknologi. Teknologi dapat memberikan akses kemudahan bagi setiap jenis pekerjaan tentunya harus disesuaikan dengan jenis pekerjaan tersebut, karena jika tidak maka teknologi juga dapat menjadi ancaman terhadap suatu pekerjaan. Dalam penerapannya teknologi yang ada disuatu perusahaan juga dapat menimbulk

Dampak Pertambangan Nikel

1.        Latar Belakang Pembangunan yang berlangsung sampai saat ini tidak hanya melakukan pembangunan di segala bidang. Dalam pengelolaan sumber daya alam sebagaimana yang dicantumkan dalam UUD 1945 pasal 33 (ayat 3) berbunyi: bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara, dan untuk dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. M enunjukkan bahwa negara melindungi kekayaan alam dan akan dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat . Seiring dengan hal tersebut, maka tindakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup yang tidak terbatas dengan memanfaatkan sumber daya alam yang terbatas dibatasi dan setiap pengelolaan sumber daya alam diawasi dan dikendalikan dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Seperti kegiatan pertambangan yang dilindungi dengan Undang-Undang Nomor 4 tahun 2009 tentang pertambangan (Marsuki, 2009). 2.       Pembahasan Nikel terbentuk bersama mineral silikat kaya akan unsur Mg (ex;olivin). Olivin ad